Rabu, 17 Juli 2013

Media Komunikasi


Alat komunikasi terus mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman, dari tradisional menjadi modern. Dulu, manusia menggunakan alat komunikasi tradisional yang sangat sederhana, biasanya dibuat dari bahan-bahan alami yang diambil dari lingkungan sekitar saja. Jauh berbeda dibandingkan dengan alat komunikasi modern yang kental dengan sentuhan teknologi mesin pabrik, dengan beberapa kali proses dan uji coba. Berikut contoh alat komunikasi tradisional yang digunakan pada jaman dulu:


DAUN LONTAR
Zaman dulu manusia sudah menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat menyurat di Indonesia sudah ada sejak masa kerajaan. Biasanya daun lontar digunakan sebagai media berkirim pesan, namun tidak jarang yang menggunakan bambu, rotan, dan lempengan batu.



ASAP
Dulu asap juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi. Asap biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan. Sekarang ini penggunaan asap masih digunakan dalam kegiatan keagamaan, militer kepramukaaan, dan lain - lain.



BEDUG
Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar, bagian tengah dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. Bedug berfungsi sebagai alat komunikasi dan penanda waktu seperti perang, bencana alam, atau hal mendesak lainnya. Hingga sekarang bedug masih digunakan untuk kegiatan keagamaan.


KENTONGAN
Kentongan terbuat dari batang bambu atau batang kayu jati yang dipahat. Kegunaan kentongan didefinisikan sebagai penanda waktu, alat komunikasi jarak jauh, maupun penanda marabahaya. Ukuran kentongan tersebut berkisar antara diameter 40cm dan tinggi 1,5M-2M. Kentongan sering dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal didaerah pedesaan dan pegunungan.


 
 
MERPATI POS
Merpati pos adalah burung merpati yang dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan. Merpati merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat,kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah sehingga bisa kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dalam tempo waktu yang lama, sehingga surat yang disampaikan diyakini pasti sampai di tujuan.


TELEPON BENANG
Telepon kaleng adalah jenis perangkat komunikasi suara terdiri dari dua kaleng yang dilekatkan pada kedua ujung tali, benang atau kawat. Dengan menempelkan kaleng ke telinga masing-masing sehingga dapat mendengarkan pembicaraan dari arah berlawanan.


 
                                         


 LONCENG
Lonceng adalah suatu peralatan sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi. Biasanya berbantuk sebuah tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema saat dipukul. Alat untuk memukul dapat berupa pemukul panjang yang digantung di dalam lonceng tersebut atau pemukul yang terpisah. 

 
Seiring berkembangnya teknologi, jenis alat komunikasi pun makin modern. Berikut contoh alat komunikasi modern yang digunakan pada sekarang:

    
                                                      TELEPON
Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui listrik. Kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang berjarak jauh. Sejalan dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Sejalan peningkatan mobilitas kerja, lahhirlah suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan handphone ( HP). Pada awalnya HP digunakan oleh kalangan tertentu saja, misalnya pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer segala lapisan masyarakat. Teknologinya pun makin maju. Baik ukuran, bentuk, maupun fitur pun makin lengkap dan menarik. Telepon genggam, selain berfungsi pengiriman dan penerimaan SMS, sekarang sudah dilengkapi layanan seperti pemutar musik, video, kamera, internet hingga GPS dan bertukar file dengan wifi.

 
KORAN ( SURAT KABAR )
Koran adalah sejenis media massa yang memberitakan kejadian-kejadian sehari-hari dalam kehidupan manusia dalam berbagai topik; politik, olahraga, tajuk rencana, cuaca, dan lain -lain. Koran biasanya terbit setiap hari, namun ada juga yang terbit secara mingguan bahkan bulanan. Koran adalah sarana bagi masyarakat untuk meluaskan pandangan tanpa harus hadir secara langsung, untuk menggali informasi dari kejadian yang bersangkutan. Sekarang koran tidak hanya dicetak dalam bentuk lembaran kertas, tapi juga tersedia dalam versi on-line.


                                            RADIO
Radio digunakan untuk mengirim sinyal dengan cara modulasi dan radiasi gelombang elektromagnetik. Dan gelombang ini melintas dan merambat lewat udara atau juga bisa merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Sekarang ini teknologi radio juga sudah semakin maju, tidak hanya disiarkan lewat pemancar untuk para pendengar, tapi sudah bisa didengarkan via internet (Radio Streaming).

 

TELEVISI (TV)
Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir sebagian rumah tangga di dunia ini mempunyai sebuah televisi. Televisi merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh. Televisi juga sudah berkembang pesat dari warnanya yang dulu hitam putih sekarang sudah berwarna, dan juga dari bentuknya dari layar cembung menjadi layar datar, bahkan layar sentuh.

 
INTERCONNECTION NETWORKING (INTERNET )
Internet memungkinkan pengguna di seluruh dunia saling komunikasi dan berbagi informasi dengan cara mengirimkan email, menghubungkan komputer satu dengan media lain untuk mengirim file berupa text, gambar, film, dan audio. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang di rumah pun bisa terhubung lewat internet dengan menggunakan modem, jaringan telepon, atau wifi hot spot.


Dari berbagai sumber.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar