Rabu, 14 Agustus 2013

Handphone, Feature Phone dan Smartphone


Jika dulu ada sebutan hp sejuta umat untuk Nokia 8250 karena hampir setiap orang menggunakannya, sekarang sudah jadi pemandangan yang biasa melihat smartphone berbagai merk dan model bertengger di etalase toko handphone. Lantas apa yang menjadikan smartphone laris manis bak kacang goreng? Berikut sedikit ulasannya.

Handphone
Hemat energi, hemat biaya. Sesuai minimnya fasilitas yang ditawarkan, handphone jenis ini dibanderol dengan harga miring pula. HP ini biasanya hanya dapat digunakan untuk kebutuhan dasar komunikasi seperti telepon dan SMS saja. Namun HP ini dikenal kuat dan tahan banting karena masih dapat berfungsi dengan normal meskipun jatuh berkali-kali. Karena minim fitur yang boros energi, daya tahan HP ini juga awet, bahkan ada vendor yang mengklaim kekuatan standby ponselnya hingga satu bulan untuk sekali charging. Jika produk terdahulu menggunakan layar monochrom sebagai tampilannya, maka handphone keluaran sekarang sudah berani mengadopsi layar berwarna.


Feature Phone
Adalah generasi penerus handphone biasa, dan merupakan transisi antara handphone dengan smartphone. Selain fungsi dasar komunikasi, HP ini biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan yang menjadi keutamaan bagi HP tersebut, seperti kamera dan audio. HP ini banyak tersebar di Indonesia, baik produk dari vendor ternama maupun buatan lokal dengan harga bervariasi. Dengan harga yang tak mahal rata – rata feature phone sudah mampu menyuguhkan tampilan dengan layar berwarna bahkan ada vendor dalam negeri yang sudah menggunakan layar sentuh. Selangkah lebih maju dari handphone biasa, feature phone sudah dilengkapi kabel data, bluetooth dan infra red untuk berkoneksi dengan perangkat lain.


Smartphone
Smartphone atau telepon pintar adalah HP yang mempunyai kemampuan canggih seperti komputer. Perbedaan mencolok dengan handphone dan feature phone terdapat pada adanya dukungan sistem operasi untuk mempercepat kinerjanya seperti Android, Windows Mobile, iOS, Linux, Meego, Bada, Asha, Symbian, Blackberry, dll. Selain itu smartphone juga dilengkapi konektivitas lebih lengkap seperti WiFi, 3G maupun 4G, sudah menggunakan prossesor single core sampai quad core, GPS, dan fitur modern lainnya. Banyaknya fitur canggih yang disematkan berimbas pada harga smartphone jadi lebih mahal dari handphone dan feature phone. Kapasitas baterai besar untuk menghidupi smartphone juga terus dikembangkan untuk mengimbangi pemakaian dayanya yang jauh lebih besar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar