Selasa, 13 Agustus 2013

Tips naik pesawat terbang pertama kali

Pesawat terbang adalah kendaraan yang bisa terbang di udara. Saat ini pesawat terbang merupakan sarana transportasi yang sangat diminati karena cepat, bebas macet, dan harga tiket yang semakin terjangkau.
Berikut tips sederhana saat naik pesawat domestik untuk pertama kali.


  • Siapkan tiket. Jika membeli di agen perjalanan, pembeli sudah mendapatkan tiket dalam bentuk cetak. Namun jika membeli pada maskapai secara online, email balasan harus di print untuk pemeriksaan petugas bandara.
  • Datang selambat - lambatnya satu jam sebelum jam keberangkatan untuk menghindari antrian masuk terminal dan check-in.
  • Cek barang bawaan dengan teliti dan pastikan sesuai aturan kuota bagasi maskapai. Pisahkan barang berharga ke dalam tas kecil. Sedangkan barang yang kurang berharga bisa disimpan dalam tas besar dan dimasukkan ke bagasi. 
  • Check-in. Siapkan KTP asli dan tiket print out untuk pemeriksaan. Selesai diperiksa, petugas akan memberikan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang terteraTas bawaan juga akan diperiksa dan dilabeli. Simpan bukti nomor penitipan tas yang diberikan untuk pengambilan saat tutun dari pesawat. 
  • Airport tax. Besarnya airport tax berbeda untuk setiap bandara. Di Bandara Ahmad Yani Semarang, airport tax dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Sedangkan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta sebesar Rp 30.000, Bandara Ngurah Rai Denpasar sebesar Rp 35.000 dan Bandara Soekarno - Hatta Jakarta Rp 40.000. Biasanya airport tax dibayarkan di counter check-in, tapi ada juga bandara yang menerapkan pembayaran di loket terpisah. Khusus Garuda Indonesia ditetapkan free, karena airport tax sudah digabungkan dengan harga tiket.
  • Menunggu di boarding room. Sebelum masuk boarding room Anda harus melewati pemeriksaan barang kembali. Dan setelah masuk Anda bisa menunggu di tempat duduk sesuai dengan gate yang telah ditentukan. Airport Lounge juga bisa menjadi tempat untuk menghabiskan waktu tunggu. Untuk masuk ke sebuah lounge, umumnya harus membayar sekitar Rp 50.000, atau bisa gratis jika naik pesawat dengan first class atau business class. Jika Anda mempunyai account prioritas di beberapa bank, kartu ATM juga bisa menjadi kartu sakti untuk masuk ke lounge dengan gratis.
  • Menunggu waktu penerbangan pesawat. Bila sudah tiba saatnya naik, antrelah di depan pintu boarding. Siapkan KTP dan boarding pass untuk diperiksa. Setelah mencocokkan nama di KTP dengan di boarding pass, petugas akan menyobek boarding pass penumpang, sebagian diambil petugas, sebagian lagi bisa disimpan.
  • Masuk ke dalam pesawat. Cek kembali nomor kursi Anda, duduklah di kursi yang telah ditentukan, kenakan sabuk pengaman dengan benar, kemudian berdoalah untuk keselamatan dan kelancaran perjalanannya.
  • Awak pesawat akan memberikan petunjuk keselamatan penerbangan dalam dua bahasa, perhatikan kemudian bacalah instruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat. Saat lepas landas, makanlah permen untuk mengurangi tekanan pada telinga. Jika sedang flu sebaiknya menunda penerbangan hingga sembuh. Berdasar pengalaman pribadi, melakukan penerbangan saat flu tidak aman, karena bisa membuat nyeri gendang telinga bahkan merusak fungsi gendang telinga. Hal ini disebabkan tidak adanya saluran yang menghubungkan telinga bagian dalam (tengah) dan luar.
  • Mendarat. Lepas sabuk pengaman jika pesawat sudah benar-benar berhenti dan tanda memakai sabuk pengaman sudah dimatikan. Cek barang bawaan, antre saat mengambil tas, tunggu hingga pintu pesawat dibuka. Lalu lanjutkan perjalanan menuju tempat pengambilan bagasi. Tunjukkan nomor bukti penitipan bagasi ke petugas, ambil tas, dan Anda bisa meninggalkan bandara.
Selamat menikmati perjalanan Anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar